Menu

Tips Menghemat belanja Listrik Dirumah

0 Comment

Hasil gambar untuk pdam

Salah satu kebutuhan pokok rumah tangga adalah listrik dirumah. Listrik juga masuk pengeluaran belanja kebutuhan pokok biaya bulanan yang harus dibayar. Jika listrik naik tentunya mempengaruhi pos-pos anggaran yang sudah dirancang dan direncanakan saat ini. Jika Anda tidak menginginkan nilai meteran listrik anda membengkak saat mengecek nya di pln online, maka dibawah ini ada beberapa kiat kiat untuk mengamankan anggaran bulanan anda khususnya untuk pengeluaran listrik. Berikut adalah tips-tips yang bisa anda coba untuk mengamankan keuangan anda.

Pilih daya listrik yang sesuai kemampuan Anda.

Hal yang paling penting yang harus anda lakukan adalah menyesuaikan daya listrik dengan kemampuan, sesuai dengan bujet atau kantong. Bila kemampuan bayar kita hanya termasuk golongan 900 VA, jangan memaksakan diri untuk memasang daya listrik yang batasnya 1.300 VA. Jika anda menempati rumah yang baru dibangun, Anda cukup mendaftarkan pembelian daya yang sesuai dengan kebutuhan, Namun untuk rumah lama yang baru Anda beli, biasanya sudah terpasang listrik dengan daya yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan, nah jika seperti itu anda bisa mendaftarkan kembali perubahan batas daya listrik yang diinginkan.

Gunakan barang barang elektronik yang berdaya rendah.

Salah satu poin yang harus diperhatikan selanjutnya adalah memilih barang elektronik dirumah. Penggunaan barang elektronik yang membutuhkan listrik ini sangat penting untuk diperhatikan. Karena beberapa orang kerap memaksakan rumahnya memiliki barang-barang yang tanpa disadari banyak memakan daya listrik. Sementara itu, daya yang ada dirumah sebenarnya tidak memenuhi atau mencukupi.

Makanya hindarilah barang yang mungkin memakan daya listrik yang banyak seperti kulkas dengan ukuran yang besar, lalu menggunakan peralatan dapur lainnya seperti teko dan juga kompor listrik. Selain itu juga hindari penggunaan kontak untuk charging atau pengisian baterai ponsel dan komputer secara berlebihan.

Gunakan Sistem Listrik Token

Buat anda yang menempati rumah baru dan belum terpasang listrik, Anda bisa memasang meter listrik pra bayar token atau listrik pintar. Atau bagi Anda yang menempati rumah lama yang sudah terpasang meteran listrik sebelumnya model pasca prabayar, Anda bisa menggantinya dengan mengajukan perubahan ke jenis meter listrik pra bayar.

Karena listrik token ini dikenal memiliki kelebihan yakni dibandingkan listrik pasa bayar. Dengan listrik token atau model pulsa, maka Anda bisa menentukan seberapa banyak uang yang dibelanjakan untuk listrik tiap bulannya. Dengan demikian Anda akan disiplin dalam penggunaannya bila tidak ingin tiba-tiba listrik di rumah padam atau merogoh kocek lagi sebelum waktunya.

Patok Anggaran Listrik

Selanjutnya yang tak kalah paling penting adalah membatasi anggaran pemakaian listrik. Anda juga harus tahu berapa banyak kebutuhan listrik Anda setiap bulannya. Setiap bulannya dipatok akan menghabiskan seberapa banyak anggaran beli pulsa ini. Dengan demikian, Anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakan listrik. Ketika Anda hanya menyiapkan listrik sebanyak RP300 ribu saja, maka bila ada kelebihan pemakaian sisanya anda anggap tidak akan ditanggung. Sehingga mau tidak mau anda bisa sangat disiplin dan juga berhati-hati menggunakan barang-barang elektronik.

Pemerintah sudah menyarankan memberikan pilihan jenis pra bayar token PLN. Tujuannya agar kita bisa tahu seberapa besar kebutuhan listrik tiap bulannya, dan membebankannya pada masing-masing pengguna. Diharapkan kita bisa lebih mengahargai listrik yang tersedia. Semua balik lagi ke diri kita mau belanja boros atau awet untuk listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *