Menu

Resep Bumbu Rawon Yang Spesial

5 Warung Rawon Paling Enak di Banyuwangi, Rasanya Mantap!

Rawon adalah hidangan yang mungkin sebagian daerah di Indonesia tidak tahu. Rawon adalah makanan yang berasal dari Jawa Timur. Namun biasanya sebagian daerah di jawa lainnya juga tahu tentang rawon seperti jawa tengah. Nah rawon sendiri miri dengan sop daging yang biasa anda buat. Namun yang membedakannya adalah rawon menggunakan bumbu rahasia. Bumbu rahasia inilah yang membuat rawon berwarna hitam. Sebagian orang mungkin aneh kenapa sup daging berwarna hitam tetapi ketika sudah mencobanya pasti akan menyukainya. 

Bumbu rawon sendiri hampir sama dengan sup daging. Namun ditambahkan kluewek sebagai bumbu rahasianya. Kluwek mempunyai tampilan bumbunya seperti jinten atau pala yang harus dibuka terlebih dahulu. Kemudian bagian dalamnya lah yang digunakan. Nah, bagian dalam dari buah kluwek ini sendiri berwarna hitam. Inilah yang membuat warna kuah rawon menjadi hitam juga. Jika anda bertanya-tanya dimana mencari kluwek. Anda bisa coba cari di pasar tradisional terdekat karena kluwek biasanya dijual bersama bumbu dapur lainnya. Jika tidak dapat menemukannya anda bisa membelinya di online.

Resep bumbu rawon sendiri lebih mudah jika anda menyiapkan bahannya terlebih dahulu termasuk kluwek. Anda siapkan bahan-bahan seperti daging sapi. Anda bisa pilih daging bagian mana saja. Untuk lebih enaknya anda bisa menggunakan bagian iga sapi. Kemudian anda siapkan juga bumbu lengkap seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk, laos, serai, merica, ketumbar, jahe, kemiri, dan kluwek. Anda haluskan semua bumbunya kecuali daun salam, daun jeruk dan serai. Serainya lebih baik anda geprek. Laosnya juga lebih baik anda geprek. 

Cara memasak rawon sendiri adalah langkah pertama yang anda lakukan dengan merebus daging di presti atau panci biasa. Jika di presto, anda bisa masak lebih cepat. Namun jika di panci, anda memasaknya lebih lama biasanya. Setelah itu sambil menunggu daging. Anda tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian anda masukkan juga laos, serai, daun salam dan juga daun jeruknya. Lalu setelah wangi, anda masukkan pada rebusan dagingnya. Masak lagi hingga daging empuk.

Setelah matang, anda bisa makan rawon dengna bebapa sayuran segar. Anda bisa makan dengan kecambah kecil. Kecambah kecil bentuknya sangat kecil dan tidak panjang seperti kecambah biasanya. Selain dengan kecambah, anda bisa makan dengan kol mentah. Nah anda siapkan juga nasi putih yang masih hangat. Lalu siapkan sambal sebagai pendamping makan rawon. Anda bisa buat sambal terasi yang mentah atau matang. Sesuai selera anda saja. Jika ingin membuat sambal teraso mentah, anda bisa tambahkan jeruk sambal atau jeruk nipis. Sambal bajak juga enak untuk dimakan dengan rawon.

Tips yang bisa anda lakukan untuk ketika memasak rawon adalah jangan sampai anda menggunakan daging selain daging merah. Dikarenakan juga selain daging merah, daging ayam misalnya tidak enak karena tidak bisa meresap denga rasa unik dari kluwek. Jika anda tidak bisa menemukan daging sapi. Anda bisa memilih daging kambing atau domba. Anda juga harus memperhatikan ketika anda memasak rawon yaitu jangan diangkat ketika dagingnya tidak empuk. Daging yang tidak empuk akan membuat rasa bumbu rawonnya kurang sedap. Jadi sebaiknya gunakan presto jika tidak mau menunggu terlalu lama dagingnya empuk. Nah, presto harganya ada yang murah jadi anda tidak perlu khawatir. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *