Menu

Obat-obat Penunjang Untuk Pasien Setelah Bedah Operasi

Operasi bedah adalah tindakan medis yang berat dan memiliki resiko tinggi. Bahkan setelah operasi bedah selesai, pasien juga dihadapkan berbagai keluhan pasca operasi. keluhan yang dihadapi tiap pasien berbeda-beda. Tergantung dari jenis operasi yang dilakukan, dan daya tahan tubuh pasien. Namun, ada juga berbagai keluhanuhan yang umum dirasakan oleh pasien-pasien pasca operasi bedah. Makadari itu biasanya dokter akan memberikan berbagai jenis obat untuk meminimalisir keluhan tersebut.

Berikut adalah obat-obatan yang biasa diberikan untuk pasien setelah menjalani operasi bedah:

  • Obat anti nyeri

Setelah menjalani operasi pastilah masih terasa nyeri atau sakit pada area bedah atau luka operasi. obat penglihang rasa nyeri ini biasanya berupa pil yang diminum oleh pasien biasanya tiga kali sehari. Tetapi jika rasa nyeri sudah hilang atau mereda, pasien biasanya dianjurkan untuk berhenti mengkonsumsi obat ini. Karena obat ini juga bisa menyebabkan ketergantungan.

  • Obat mual dan muntah

Mual dan muntah adalah keluhan umum yang dirasakan oleh pasien pasca operasi. Biasanya pasien akan diberikan obat mual muntah setelah operasi. Obat biasanya hanya dikonsumsi jika pasien merasa mula. Jika tidak maka tidak dianjurkan untuk meminumnya. Obat ini juga membantu pasien agar mudah mencerna makanan.

  • Obat antibiotik

Antibiotik diberikan pasien operasi biasanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Setelah operasi pasti daya tahan tubuh pasien akan berkurang. Terlebih lagi pasien mempunyai luka bedah pasti mudah sekali terkena infeksi bakteri atau virus. Untuk meminimalisir maka diberikanlah antibiotik kepada pasien.

  • Obat tidur untuk pasien

Tak jarang pasien setelah menjalani operasi akan kesulitan tidur. Padahal tidur yang cukup dibutuhkan pasien untuk memulihkan kondisinya dan mempercepat penutupan luka. Obat tidur biasnya diberikan pada saat malam. Dan hanya jika pasien masih kesulitan tidur. Jika sudah mereda maka obat tidak diberikan lagi. Karena obat tidur dapat menyebabkan ketergantungan.

  • Suplemen dan penambah nafsu makan

Untuk meningkatkan nasfsu makan maka pasien sesekali juga diberikan suplement. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar nutrisi yang dibutuhkan pasien cukup. Informasi tentang obat-obatan diatas dapat dilihat pada web sumber gue sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *